ujio Anak pertama dari lima bersaudara

Arti Barakallah Fii Umrik

8 min read

Tulisan Arab Barakallah Fii Umrik

Barakallah Fii Umrik- Assalamualaikum wr, wb. Halo teman – teman semua. InsyaAllah berikut ini kami akan membahas apa arti dari kata barakallah fii umrik, dan juga tulisan arab yang benar lengkap dengan adab serta keutamaanya.

Langsung saja kita bahas di bawah ini.

Arti Barakallah Fii Umrik

Arti Barakallah Fii Umrik
goingtotehran.com

Secara pengertian arti barakallah fii umrik adalah do’a meminta keberkahan umur kepada Allah untuk seseorang. Kalimat ini sering kali dipakai untuk memberikan ucapan selamat ulang tahun islami kepada orang terkasihnya.

  • Barakallah yaitu semoga Allah memberikahimu.
  • Fii umrik yaitu di dalam umurmu.

Arti barakallah fii umrik yaitu semoga Allah swt memberkahi usiamu. Atau kurang lebih maknanya ”Semoga allah memberkahi di dalam usiamu.” Dengan konteks kepada orang yang umurnya bertambah. Ucapan barakallah fii umrik adalah sebuah kaliamt do’a orang yang mengucapkan kepada kita.

Kita juga bisa membalasnya dengan jawaban “wa fiika barakallah” artinya dan kepadamu juga keberkahan Allah menyertai.

Baca juga dong: Arti Ma Fi Qalbi Ghairullah

Tulisan Arab Barakallah Fii Umrik

Tulisan Arab Barakallah Fii Umrik
ilmuakademika.com

Tulisan Arab Barakallah Fii Umrik- Adapun tulisan arab dari Barakallah Fii Umrik yaitu sebagai berikut:

~بارك الله في عمرك~

Selain diucapkan untuk mereka yang merayakan hari lahir, Ungkapan ini juga menjadi doa dan pengharapan yang diperuntukkan untuk bayi yang baru lahir.

Jawaban Doa Ulang Tahun

Adab sebagai seorang muslim yaitu mendoakan seseorang yang telah berdo’a untuk kita. Ini sudah menjadi kebiasaan umat muslim saling berlomba-lomba dalam kebaikan. Sehingga kesatuan umat muslim terjaga karena saling menginginkan kebaikan antar sesama.

Biasanya masyarakat selalu mengucapkan salam kepada saudaranya ketika berpapasan. Maka biasanya orang yang mendapatkan panggilan salam wajib untuk membalasnya.

Begitu juga ketika kita di do’akan untuk keberkahan umur. Maka kita juga tidak mau kalah dalam menginginkan kebaikan untuk saudaranya.

Untuk menjawabnya yaitu ucapakan “Wa fiika barakallah” yang berarti semoga Allah juga memberkahimu (laki-laki).

Ucapan Barakallah Fii Umrik

Ucapan Arab Barakallah Fii Umrik
islamidia.com

Sebaik-baiknya ucapan yaitu yang mempunyai makna mendalam untuk orang lain. Kalimat barakallah fii umrik merupakan ungkapan selamat milad yang baik untuk sahabat atau orang terkasihmu ketika ulang tahun.

Karena memang orang-orang yang kita kasihi perlu mendapat apresiasi yang terbaik dari kita.

Cara mengucapkannya yaitu persis dengan penyebutan ~ بارك الله في عمرك ~ dalam bahasa arab. Selain itu ada huruf ‘ain pada kata “Umrik”

Kalian dapat menuliskan kalimat ini pada surat atau teks lain dalam bentuk ucapan selamat untuk diberikan kepada orang yang bersangkutan.

Akan tetapi banyak orang yang bilang jika memberikan selamat kepada perempuan kata “Barakallah” diubah menjadi “Barakillah”. Namun itu tidak benar, sebab huruf “ك” pada kata “بارك” itu tidak menunjukan isim, kata tersebut bermakna “barokah”

Jika memang ingin disebut isimnya, yang perlu diucap yaitu “ك” pada kata “عمرك”. Bisa jadi “umrika” ataupun “umriki”

Jadi jangan sampai salah pengucapannya ya, karena jikalau beda pengucapan maka akan berbeda juga maknanya.

Baca Juga: Arti Fii Amanillah

Kumpulan Ucapan Ulang Tahun Islami

Kumpulan Ucapan Ulang Tahun Islami
kartunmuslimah.com

Untuk kalian yang sedang bingung dengan ucapan ulang tahun teruntuk teman terdekat di sekitar kalian. Kami akan memberikan beberapa contoh ucapan ulang tahun islami yang cocok untuk kalian gunakan.

Akan tetapi harus diperhatikan juga saat kalian mengucapkan kalimat ini. Jangan sampai niat bagus kita menyimpang dalam praktiknya. yang niat ingin membuat teman senang tetapi ternyata berbuat yang dilarang dari agama.

Baiklah langsung saja berikut ini contoh beberapa ucapan selamat ulang tahun islami keren yang dapat kalian jadikan referensi:

*-*-*-*

  • Ucapan ulang tahun Islami untuk sahabat

“Milad Mubarak. Barakallah Fii Umrik. Semoga sehat, sukses, dan berkah.”

“Happy Milad. Selalu berpikirlah positif dan tambah ketaqwaanmu kepada-Nya.”

  • Ucapan ulang tahun Islami untuk suami/istri

“Ya Allah, terima kasih Engkau telah mengirimkan suami terbaik dalam hidupku. Semoga hidupmu selalu dalam keberkahan dan keridhoan Allah.”

“Selamat ulang tahun orang yang paling peduli denganku. Semoga kamu tetap menjaga imanmu, taqwamu, dan agamamu.”

  • Ucapan ulang tahun Islami untuk saudara

“Barakallah Fii Umrik, Kakak. Semoga kamu selalu dalam lindungan Allah. Kesehatan selalu menyertaimu disertai keberkahannya.”

“Barakallah adikku sayang. Semoga di ulang tahunmu tahun ini merupakan penanda bahwa jodohmu semakin dekat. Keberkahan akan selalu menyertaimu.”

  • Ucapan ulang tahun Islami untuk ayah/ibu

“Barakallah fii Umrik ya Ayah. Perjuangan tulusmu demi keluarga tidak dapat dibalas dengan apa-pun. Semoga Ayah selalu sehat, sukses dan bahagia.”

“Untuk ibu-ku tercinta dan satu-satunya, selamat hari ulang tahun. Semoga engaku selalu disayang Allah, diberi keberkahan umur dan kebaikan. Sehat selalu ya, Ibu.”

Hukum Mengucapkan Barakallahu Fii Umrik (Ulang Tahun Islam)

Hukum milad
ytimage

Terdapat dua hukum yang mengatur dalam pengucapan selamat ulang tahun dalam islam, yakni dari segi sosial dan agama. Manusia merupakan makhluk sosial yang mempunyai hubungan dengan manusia lain, seperti:

  • Teman
  • Rekan bisnis
  • Keluarga jauh
  • dan lingkungan sekitar.

Sebagai contoh dalam sebuah riwayat hadits Bukhari Rasulullah SAW juga dulu selalu menerima hadiah dan biasa membalas pemberian hadiah tersebut.

Dalam hukum agama pun terdapat dua hukum yang berbeda dalam menyikapi ucapan selamat ulang tahun. Diantaranya:

  • Pertama ada yang membolehkan atau biasa disebut mubah walau tidak memiliki dalil yang kuat.
  • Sedang yang kedua yaitu mengharamkan ucapan selamat ulang tahun karena tidak adanya dalil dan sunnah yang dicontohkan oleh Rasulullah dan juga para sahabatnya.

Adab dan Keutamaan Mengucapkan Ulang Tahun

Ucapan Ulang Tahun Islami
captionkata.com

Hari kelahiran adalah waktu yang cukup sakral. karena ketika itu ada seorang wanita yang mempertaruhkan nyawanya untuk melahirkan sang bayi tercinta.

Dia tahan rasa sakit demi keselamatan sang buah hati, kemudian suaminya terus memanjatkan do’a untuk keselamatan keduanya. Dan kelahiran sang anak merupakan momen terindah bagi mereka.

Dari situ, kita dapat berpikir bahwa hari kelahiran atau ulang tahun adalah hari yang sangat spesial. Sehingga banyak yang merayakannya secara suka cita. Dikalangan orang orang zaman sekarang, banyak sekali orang orang yang mengucapan selamat dan do’a kepada mereka yang sedang ulang tahun.

Dari situ timbulah pertanyaan bagaimana sikap dan adab kita sebagai muslim menghadapi hari ulang tahun tersebut?

Umat Islam merupakan manusia yang mempunyai ketaqwaan yang tinggi terhadap Allah SWT. Karena mereka sadar bahwa apapun yang ada didunia ini adalah makhluk-Nya. Dan segalanya sudah masuk ke dalam aturan islam, tak terkecuali hari ulang tahun.

Ada beberapa sikap atau etika yang arif ketika perayaan ulang tahun, berikut diantaranya:

Menjauhi Perbuatan yang Tidak Bermanfaat

Merupakan sebuah kewajiban seorang muslim untuk taat melakukan apa yang Allah perintahkan dan menjauhi larangan-Nya. Dan salah satu larangan-Nya yaitu tidak boleh mendekati hal-hal yang dapat menjerumuskan pada kemaksiatan.

Sering kita lihat disekitar kita banyak yang merayakan hari ulang tahun dengan acara yang kurang bermanfaat seperti:

  • Pesta pesta anak muda yang disertai tindakan kurang baik. Apalagi sampai melakukan tindakan yang dilarang Agama Islam.
  • Mencari kesenangan sesaat dengan mengadakan acara-acara yang cenderung hanya untuk menghamburkan uang.

Sesuai dengan firman Allah dalam Al-Qur’an surat Al-Isyra ayat 26-27 yang artinya ”Dan janganlah kamu menghamburkan (hartamu) secara berlebihan. Sesungguhnya orang yang boros merupakan saudaranya setan.”

Kita dapat mengetahui bahwa Allah melarang makhluknya menghamburkan uang. Mereka yang suka menghamburkan uang merupakan saudara setan. Makannya kita harus menjauhi perbuatan yang sia-sia serta kurang bermanfaat.

Momen Ulang Tahun Merupakan Bahan Intropeksi Diri

Bila kita cermati lebih dalam ketika umur kita bertambah maka waktu hidup kita pada hakikatnya berkurang. Hal ini merupakan sesuatu yang kurang disadari oleh tiap orang yang kebanyakan beranggapan bertambah umur bertambah pula hidup.

Kita harus menyadari semakin umur bertambah maka kita juga semakin dekat dengan kematian, serta waktu hidup semakin berkurang.

Momen inilah yang sangat cocok untuk kita gunakan sebagai bahan instropeksi diri. Merenungi masa lalu yang sudah kita perbuat, Dengan begitu kita akan bias instropeksi untuk diperbaiki.

Kita bisa mengingat kejadian-kejadian di masa lalu apakah lebih banyak kebaikan atau keburukan, lebih banyak taat atau maksiat. Cara muhasabah ini yang kemudian akan membuat kita menjadi pribadi yang senantiasa memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin.

Sebagaimana Allah telah berfirman tentang waktu, QS Al-Ashr ayat 1-3 yang artinya:

  1. Demi masa.
  2. Sesungguhnya manusia itu berada dalam kerugian.
  3. Kecuali orang yang beriman dan orang-orang yang yang mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati agar mentaati kebenaran dan nasehat dan menasehati agar menetapi kesabaran.

Pada surat tersebut dengan jelas Allah mengatakan bahwa manusia itu berada dalam kerugian. Kecuali orang yang beriman serta melakukan kebaikan dan saling menasehati dalam kebaikan.

Dari tiga ayat diatas kita dapat mengambil pelajaran, bahwa waktu itu memang sangat berharga. Sehingga Allah SWT benar-benar menegaskan dengan kata “Demi Massa”. Oleh sebab setiap moment kehidupan jangan sampai kita terlena.

Salah satunya yaitu moment ulang tahun, jangan sampai menjadikan kita lalai. Dan jangan sampai kita terlelap oleh gemerlapnya dan keindahan dunia. Manfaatkanlah moment hari kelahiran untuk bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Baca juga: Bacaan Istighfar

Do’a Agar Diberi Keberkahan Umur

Do’a arti barakallah fii umrik
wikipintar.com

Berikut ini merupakan beberapa do’a yang bisa kita pakai agar kita mendapat bukan cuma umur yang panjang, namun umur yang ada keberkahan di dalamnya. berkah dalam bentuk Iman, ketaqwaan dan ketaatan kepada Allah SWT dan lain sebagainya.

Seandainya pun kita menggunakan do’a ini di hari ulang tahun, itu Lebih Baik Daripada kita bernyanyi- nyanyi  “Panjang umurnya, Panjang umurnya serta mulia dst”

Tetapi, Ini  tentu saja bukan do’a ulang tahun Islam khusus dalam artian do’a ini bisa dipakai kapanpun dan dimanapun di luar hari ulang tahun kita; karena memang seperti itulah penggunaan sebenarnya.

Do’a Minta Panjang Umur Pertama

اَللّهُمَّ اِنَّانَسْـأَلُكَ طُوْلَ الْعُمُرِ بِـالطَّاعَةِوَاخْتِمْ لَنَابِـالْأَعْمَالِ الصَّلِحَةِ.

Wahai Tuhanku, kami memohon kepada Engkau umur panjang dengan selalu dipakai untuk taat dan akhirilah umur kami dengan melakukan perbuatan yang baik.

Do’a Minta Keberkahan Umur Kedua

اَللَّهُمَّ طَوِّلْ عُمُورَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالۤاخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

Ya Allah panjangkanlah umur kami, sehatkanlah jasad kami, terangilah hati kami, tetapkanlah iman kami, baik-kanlah amalan kami, luaskanlah rezeki kami, dekatkanlah kami pada kebaikan dan jauhkanlah kami dari kejahatan, kabulkanlah segala kebutuhan kami dalam pada agama, dunia, dan akhirat. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Doa panjang umur Ketiga

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ

وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

Ya Allah sesungguhnya kami memohon kepadaMu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan atau kesegaran pada tubuh dan penambahan ilmu, dan ke-berkahan rezeki, serta taubat sebelum mati dan rahmat di waktu mati, dan keampunan setelah mati.

Dalam ketiga do’a tersebut ada beberapa makna. Salah satunya adalah bahwa ketika kita berdo’a minta panjang umur. Hendaklah selalu memintanya dengan panjangnya umur yang disertai dengan hal- hal yang semakin mendekatkan kita pada derajat ketakwaan kepada Allah yang Maha Kuasa dan Maha Pemberi Segala- galanya.

Penutup

Nah alhamdulillah teman-teman kita sudah bahas semua hal yang berkaitan dengan kata barakallah fii umrik mulai dari arti, tulisan bahasa arab, adab dan lain sebagainya, mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk kalian semua yang sedang membutuhkan. Jangan lupa bagikan artikel ini. Terimakasih.

ujio Anak pertama dari lima bersaudara

Arti Ma Fi Qalbi Ghairullah

ujio
4 min read

Arti Fii Amanillah

ujio
6 min read

Bacaan Istighfar

ujio
7 min read

3 Replies to “Arti Barakallah Fii Umrik”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *