Arti Astaghfirullah wa Atubu Ilaihi

Arti Astaghfirullah Wa Atubu Ilaihi – Manusia adalah tempatnya salah dan khilaf. Itulah mengapa kita dianjurkan untuk senantiasa memohon ampun kepada Allah. Salah satunya adalah dengan beristighfar, memabaca astaghfirullah wa atubuh ilaihi.

Tahukah Anda, bahwa ternyata, kalimat indah ini mempunyai arti yang sangat bagus. Ia mampu menggetarkan hati orang yang beriman.

Sebagai umat Islam, kita tentu sudah tahu, bahwasanya beristighfar merupakan salah satu cara agar kita bisa mendapatkan ampunan dari Allah, dan bisa kembali ke jalan Nya yang benar.

Dan yang tidak kalah pentingnya adalah, terdapat banyak keutamaan orang-orang yang beristigfar. Simak penjelasannya berikut.

Arti Astaghfirullah Wa Atubu Ilaihi

Arti Astaghfirullah Wa Atubu Ilaihi

أَسْتَغْفِرُ الله وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ

Astaghfirullah wa atubu ilaih”

“Aku memohon ampun kepada Allah dan aku bertobat kepadanya”

Di dalam sebuah hadis, yang diriwayatkan dari imam Bukhari, dijelaskan bahwasanya, Rasulullah bersabda,

“Demi Allah sesungguhnya aku memohon ampun kepada Allah, dan bertobat kepada-Nya lebih dari 70 kali dalam sehari semalam” (HR Al-Bukhari). Dan berdasarkan Baznas, istighfar bisa menjadi pembuka pintu rezki loh. Ia juga dapat menambah kekuatan kita dalam menajalani setiap ujian dalam hidup, segala urusan kita akan dimudahkan Allah. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah, bisa menanangkan hati.

Hal ini sebagaimana yang terdapat di dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, dari Ibnu Abbas.

“Barang siapa memperbanyak istighfar, niscaya Allah memberikan jalan keluar bagi setiap kesedihannya, kelapangan untuk setiap kesempitannya dan rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka.”

Untuk kalimat istighfar sendiri bisa kita temukan dalam dua versi. Yakni, versi yang pendek, dan versi yang panjang. Versi pendeknya adalah astaghfirullah. Sementara versi panjangnya adalah Astaghfirullahal’adzim Alladzi La Ilaha Illa Huwal Hayyul Qoyyumu wa Atubu Ilaihi.

Baca juga: Arti Allahu Yahdik

Apa Arti dari Astagfirullah Wa Atububu Ilahi?

Apa Arti dari Astagfirullah Wa Atububu Ilahi?

Artinya ialah: “Aku mohon ampun kepada Allah yang tiada tuhan (berhak disembah) kecuali hanya Dia, Dzat Yang Maha Hidup Kekal dan Dzat Yang Maha Berdiri Sendiri, dan saya bertaubat kepada-Nya.”

Bacaan ini bisa kita lafadzkan kapaun kita ingin. AAtau kapaun kita ingat. Dan semestetinya, kita memang sudah menjadikan istighfar Astaghfirullahal’adzim Alladzi La Ilaha Illa Huwal Hayyul Qoyyumu wa Atubu Ilaihi ini sebagai salah satu dzikir yang tidak pernah lupa setelah shalat. Ia kan?

Karena dengan beristighfar, kita akan mendapatkan keutamaan-keutamnaan istigfar. Seperti yang sudah disinggung sedikit di atas.

Keutamaan Membaca Istighfar

Adapun beberapa keutamaan membaca kalimat istighfar adalah sebagai berikut:

  1. Dicintai Allah.
  2. Allah akan melipat gandakan pahalanya.
  3. Mengampuni dosa yang kita miliki.
  4. Mendatangkan rezeki.
  5. Membuat hati tenang.
  6. Membuat hidup menjadi berkah, aman, dan damai.
  7. Menahan emosi.
  8. Mendapatkan balasan syurga (insyaallah).
  9. Allah akan menjaga diri kita dari segala marabahaya( insyaallah).
  10. Allah akan kabulkan seluruh keinginan kita.

Leave a Reply