Arti Allahu Yahdik

Apakah kamu pernah mendengar seseorang mendoakanmu dengan ucapan Allah Yahdik (الله يَهْدِيك)? Ataukah kamu mengetahui apa arti Allahu Yahdik? Lalu jika seseorang mengucapkan kalimat ini kepadamu, bagaimana kamu harus membalasnya? Mengingat tak jarang seorang muslim/muslimah yang mengucapkan Allahu Yahdik sebagai bentuk doa.

Untuk itulah, bagi seorang muslim, penting kiranya mengetahui apa arti kalimat Allahu Yahdik serta bagaimana cara membalasnya apabila seseorang mengucapkan kalimat tersebut. Bagi kamu yang ingin mengetahuinya, silahkan simak penjelasan berikut ini.

Arti Allahu Yahdik

Arti Allahu Yahdik

Seperti yang kita tahu, Allahu Yahdik berasal dari bahasa Arab. Secara harfiah, Allahu Yahdik berarti “Semoga Allah ﷻ senantiasa memberimu hidayah atau petunjuk”. Dalam arti ucapan ini diberikan oleh seorang muslim kepada muslim lain pada kondisi tertentu dengan harapan hidayah dan petunjuk Allah ﷻ senantiasa mengiringinya agar berada di jalan lurus.

Sedangkan secara istilah, Allah Yahdik adalah doa dan harapan dari seorang muslim kepada muslim lain sebagai pengingat bahwa hanya Allah ﷻ lah yang dapat memberikan petunjuk atau hidayah saat seseorang tersesat. Hal ini juga menunjukkan bahwa antara muslim dan muslim lain harus saling mendoakan sehingga tercermin betapa terpuji sifat seorang muslim.

Arti Allahu Yahdik dan Makna yang Terkandung di Dalamnya

Arti Allahu Yahdik dan Makna yang Terkandung di Dalamnya

Meskipun arti Allahu Yahdik adalah semoga Allah ﷻ memberimu petunjuk, namun bukan berarti ungkapan ini hanya ditujukan kepada orang yang berbuat kesalahan saja. Pasalnya tak sedikit umat muslim yang berpendapat demikian.

Padahal sebenarnya sebagai seorang muslim, kita harus senantiasa merasa tersesat dan berharap petunjuk dari Allah ﷻ agar senantiasa diberi hidayah. Terlebih ada sebuah istilah bahwa manusia adalah tempat kesalahan dan dosa sehingga makna Allah Yahdik sebenarnya sangat dalam.

Arti Allahu Yahdik dan Tulisan Arab Allahu Yahdik

Sebagai seorang muslim, kamu juga harus tahu bahwa terdapat variasi penulisan dari ungkapan Allahu Yahdik yang dikembangkan serta disesuaikan dengan dlomir (kata ganti orang). Hal ini karena ucapan Allahu Yahdik mengacu pada satu orang saja. Sedangkan terdapat beberapa variasi lain, seperti:

1. Untuk 1 Orang Laki-Laki

الله يَهْدِيك (Allahu Yahdik)

Artinya: “Semoga Allah senantiasa memberimu (laki-laki) petunjuk

2. Untuk 1 Orang Perempuan

الله يَهْدِيكِ (Allahu Yahdiki)

Artinya: “Semoga Allah senantiasa memberimu (perempuan) petunjuk”

3. Untuk 2 Orang (laki-laki dan laki-laki, perempuan dan perempuan, atau laki-laki dan perempuan)

الله يَهْدِيكُماَ (Allahu Yahdikuma)

Artinya: “Semoga Allah senantisa memberi kamu (berdua) petunjuk

4. Untuk 3 Orang Laki-Laki atau Lebih

الله يَهْدِيكُم (Allahu Yahdikum)

Artinya: “Semoga Allah senantiasa memberi kalian (laki-laki) petunjuk

5. Untuk 3 Orang Perempuan atau Lebih

الله يَهْدِيكُنَّ (Allahu Yahdikunna)

Artinya: “Semoga Allah senantiasa memberi kalian (perempuan) petunjuk

6. Untuk Banyak Orang (Laki-Laki atau Perempuan)

Apabila ungkapan Allahu Yahdik ditujukan untuk banyak orang, baik laki-laki ataupun perempuan, misalnya dalam sebuah pengajian, maka kalimatnya adalah:

الله يَهْدِيكُم (Allahu Yahdikum)

Jadi kalimatnya sama dengan penggunaan untuk 3 orang laki-laki atau lebih. Hal ini karena dalam ilmu shorof (tata Bahasa Arab), kata ganti orang banyak dapat diwakilkan oleh kata كُمْ.

Arti Allahu Yahdik dan Waktu Pengucapannya

Arti Allahu Yahdik dan Waktu Pengucapannya

Seperti yang telah kami jelaskan di atas, penggunaan Allahu Yahdik tidak semerta-merta ditujukan kepada orang yang sedang melakukan kesalahan atau berdosa. Namun dapat diucapkan kepada siapa saja dan kapan saja.

Hal ini karena sebaik-baiknya umat muslim, mereka harus tetap rendah hati dan sadar bahwa hanya Allah ﷻ lah yang dapat membolak-balikkan hati mereka. Jadi kita harus senantiasa berdoa kepada-Nya agar terjauh dari kesesatan serta berharap agar dilindungi dari berbagai perkara yang dapat menuntun kita menuju kesesatan.

Di samping itu, petunjuk dan hidayah Allah ﷻ dapat datang kapan saja dan dimana saja. Hidayah Allah ﷻ dapat datang kepada siapapun umat yang dikehendaki-Nya.

Oleh karena itu, apabila ada seorang muslim yang mengucapkan Allah Yahdik, maka sebaiknya kamu bersyukur karena ia mengingatkanmu dan mendoakanmu agar selalu berada dan mendapatkan petunjuk dari Allah ﷻ.

Demikian apa yang dapat kami sampaikan mengenai arti Allahu Yahdik. Semoga penjelasan di atas dapat memberikan manfaat bagi kamu. Terima kasih.

Leave a Reply