Apa Itu VoIP? Mari Kenali Pengertian Dan Fungsinya

Apa itu VoIP Dan apakah Anda pernah mendengar istilah tersebut? VoIP merupakan singkatan dari Voice Over Internet Protocol atau juga bisa disebut dengan IP Telephony, Digital Phone, atau Internet Telephony.

Teknologi ini berguna untuk berkomunikasi secara jarak jauh yaitu hanya memanfaatkan koneksi internet. Sebenarnya tidak jaduh berbeda ketika Anda sedang menelpon seperti biasa saja, hanya saja koneksi yang ada sudah tidak menggunakan kabel.

Dengan menggunakan internet, maka semua data suara akan dapat diubah menjadi kode dan digital dan kemudian diteruskan hingga menjadi paket-paket data yang ada pada dalam jaringan. Jadi data tersebut tidak akan melalui analog seperti cara kerja telepon seperti biasanya.

Baca juga selengkapnya : aplikasi soal bahasa inggris

Apa Itu Viop, dan Bagaimana Penerapannya Dalam Kehidupan?

VoIP sudah banyak orang gunakan ke dalam berbagai macam pemanfaatan stAndar dan juga protocol sesuai dengan sifat open source. Berikut ini kami akan menjelaskan kepada Anda tetang apa saja protokol yang sudah banyak menggunakan atau menerapkan VoIP :

  • 323
  • SIP yaitu Session Intiation Protocol
  • Apa itu VoIP MGCP atau Media Gateway Control Protocol
  • RTP (Real-Time Transfer Protocol)
  • IAX atau terkenal sebutan Inter-Arterisk eXchange
  • SDP atau dengan kepanjangan Session Description Protocol

Untuk protokol 323 merupakan jenis dari protokol lama yang sudah banyak menerapkan VoIP untuk pengguna gunakan dalam traffic jarak jauh. Contoh dari teknologi tersebut yaitu LAN atau Local Area Network.

Akan tetapi, seiring dari perkembangan protokol apa itu VoIP membuat H.323 sudah mulai terbatas penggunannya. Karena komponen itu sangat disarankan untuk lebih menggunakan protokol yang sudah terkenal dan lebih kompleks misalnya yaitu SIP dan juga MGCP.

Terlebih lagi dengan SIP yang kono sudah banyak memperoleh penerimaan pasar cukup besar serta sudah banyak orang menggunakannya dari berbagai kalangan. Sementara itu untuk jenis protokol yang kurang orang ketahui yaitu Skype.

Skype memiliki konsep P2P atau Peer to Peer yang mesikpun bersifat jarang, tetapi bukan berarti penggunannya sedikit.

Fungsi Voip untuk Teknologi Saat Ini

Lalu apa itu VoIP dan apa saja fungsinya? Anda perlu mengetahui bahwa fungsi utama dari VoIP yaitu sebagai media percakapan suara jarak jauh dengan memanfaatkan internet sebagai media komunikasinya.

Dengan menggunakan internet, maka biaya dalam perkacapan bisa jauh lebih murah daripada jika Anda memanfaatkan telepon konvensional. Selain itu, pemanfaatannya juga sudah jelas tidak akan mempengaruhi pengguna dan dapat menelpon kapan pun dan ke nomor apapun.

Hal inilah yang membuat banyak orang saat ini mulai menggunakan VoIP dan meninggalkan telepon konvensional.

Apa Itu Voip dan Bagaimana Cara Kerjanya

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa cara kerja komponen ini yaitu dengan mengubah suara analog yang berasal dari speaker untuk kemudian menjadi paket data digital. Paket data tersebut pengirimannya akan melalui dan menalnjutkan hub atau router atau model ASL dengan menggunakan jaringan internet. Sehingga dapat terkirim ke penerima atau alamat tujuan.

Apa itu VoIP dan pengiriman sinyal menuju remote destination atau tujuan pengirim paket data dapat Anda lakukan secara online. Maksudnya sebelum data suara akan transmisi, sinyal analog akan terlebih dahulu berubah menjadi sinyal digital.

Ketika data sudah sampai pada penerima, maka sistem akan melakukan tugas secara otomatis yaitu akan mengembalikan data tersebut menjadi analog dengan menggunakan DAC (Digital to Analog Converter).

Sehingga apa itu ViOP dan bagaimana fungsi serta cara kerja sangat banyak orang butuhkan pada saat ini. maka tak heran jika semakin mengalami kemajuan zaman, pakai komponen ini juga mengalami kemajuan juga.

Leave a Reply