Apa Itu Adware Dan Bahayanya

Apa itu adware pasti sering menjadi sebuah pertanyaan. Terutama banyak artikel yang membahas tentang hal tersebut. Sehingga maka tak heran seseorang akan sangat penasaran tentang istilah dari teknologi tersebut.

Apakah anda pernah menjumpai pup-up atau notifikasi iklan muncul tiba-tiba ketika sedang mengakses sebuah website?  Jika pernah, tentu saja ini sangat terasa menganggu. Adware merupakan jenis software yang bertanggung jawab terhadap kemunculan iklan tersebut.

Pengertian Apa Itu Adware

Adware merupakan singkatan dar advertising supported software, yang merupakan perkembangan dan mendistribusikan iklan secara online (banner, video, gambar bergerak, dll.) kedalam perangkat milik pengguna.

Program tersebut kini banyak sekali dimanfaatkan sebagai salah sati cara untuk mendapatkan penghasilan secara online. Memang secara nyata tidak terlalu terlihat berbahaya. Tetapi faktanya program ini adalah salah satu golongan malware yang berbahaya.

Salah satu bahayanya yaitu bisa menganggu dan mendistribusikan data pribadi milik pengguna, bahkan bisa melakukannya tanpa sepengetahuan dan mendapat izin sekalipun. Bukan itu saja, tetapi dampak lainnya yaitu bisa menimbulkan dari segi user exprience, produktivitas user, hingga aktivitas perangkat yang terhambat karena kemunculan malware tersebut.

Apa Itu Adware, dan Mengapa Sangat Mengganggu?

 

apa itu adware

Mengapa malware tersebut sangat menganggu? Bayangkan saja ketika anda sedang mengakses sebuah situs untuk mencari informasi, lalu tiba-tiba muncul pop-up iklan. Tentu saja anda harus mengilangkan sesuatu tersebut agar tetap bisa melanjuktan aktivitas pada suatu website.

Konten iklan yang ada pun sangat beragam, mulai dari konten dewasa atau pornografi, platfrom judi, investasi, kartu kredit, dan masih banyak lagi. Salah satu bahayanya yaitu bsa terjadi maka akan mendownload dan menginstall pada perangkat tanpa sepengetahuan anda.

Baca Juga : Cara Menyimpan File Di Google Drive

Jenis-Jenis Malware Berbahaya

Mendownload dan melakukan instal tersebut tentu saja berpotensi pada kerusakan perangkat hingga hilangnya data. Maka, setelah memahami tentang pengertiannya, anda juga harus mengetahui jenis-jenis agar bisa lebih berhati-hati serta menjaga semua hal pribadi yang dimiliki.

Secara umum, malware berbahaya tersebut dapat dibagi menjadi dua jenis, berdasarkan terhadap yang menggunakannya.

  1. Apa Itu Adware Komputer

pertama hadir pada jenis mallware pada laptop atau pc dengan sistem operasi Windows, Linux, maupun MacOS. Tetnu saja sudah tidak asing dengan berbagai situs ilegal tempat anda mengunduh secara gratis berbagai aplikasi.

Kelalaian dalam mengunduh tersebut dari situs ilegal bisa menjadi awal mula kemunculan malware berbahaya pada perangkat anda. Virus tersebut akan tetap ada dan bisa merusah, walaupun sudah menambahkan anti malware sekalipun.

Iklan yang sering muncul pada tempat tidak semestinya sehingga bisa menutupi semua bagian layar. Muncul pop-up yang menawarkan update software palsu. Link tersebut ketika di klik tidak mengarah pada website yang sesuai. Terinstall juga banyak aplikasi tambahan tanpa sepengetahuan. Tampilan website yang anda kunjungi juga akan berubah. Halaman utama pada mesin pecarian juga bisa berubah tanpa sepengetahuan.

  1. Apa Itu Adware Android

malware berbahaya ini bukan hanya menyerang perangkat komputer saja. Tetapi juga memiliki kemampuan untuk menyerang suatu smartphone android. Maka dari itu, jika merasa peforma smartphone melambat, muncul pop-up notifikasi iklan pada layar, atau bahkan tiba-tiba terdapat aplikasi baru yang tidak merasa didownload, maka kemungkinan ebsar adalah virus penyebabnya.

Hampir sama denga versi komputer, android juga bisa terjadi ketika anda mengunduh aplikasi atau mengunjungi situs secara ilegal dengan menggunakan smartphone. Adware juga terdapat karena kurangnya optimasi SSL pada sebuah website.

Maka dari itu, untuk menghindari segala kerusakan dari apa itu adware, dan jenis-jensi berbahanya. Cara pertama untuk anda lakukan dengans ering melakukan cek terhadap suatu perangkat. Agar perangkat tidak menjadi rusak, serta data selalu terjaga dengan aman.

 

Leave a Reply