ujio Anak pertama dari lima bersaudara

Aamiin Ya Robbal Alamin

4 min read

Aamiin

Aamiin Ya Robbal Alamin- Kata آمِيْنُ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْن ini adalah kata atau kalimat yang sering diucapkan orang – orang ketika berdoa.

Sebagai umat muslim kita di perintahkan Allah SWT untuk selalu berdoa kepada-Nya.

Doa ini merupakan ibadah yang paling kuat dan paling agung, dan doa merupakan ibadah yang apabila kita melalukannya tidak memakan banyak waktu dan tenaga.

Meskipun demikian, ternyata masih banyak dikalangan umat muslim ini yang enggan memanjatkan doa, bahkan ada yang sampai melupakan dan meninggalkan,

Sejatinya, kita sebagai hamba Allah. tentu sangat memerlukan Tuhan nya, dan solusi yang pertama yaitu dengan berdoa kita menunjukan bahwa kita membutuhkanNya.

Aamiin ya Robbal Aalamiin

Aamiin Ya Robbal Alamin
nyontex.com

Aamiin ya robbal aalamiin, tulisan Arab nya آمِيْنُ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْن merupakan kalimat yang berasal dari bahasa Arab. Arti dari kalimat tersebut adalah “Kabulkanlah do’a kamu wahai Tuhan Semesta Alam”

Bahasa Arab adalah salah satu bahasa yang paling banyak digunakan ke 2 di dunia setelah bahasa Inggris.

Karena bahasa Arab menjadi salah satu bahasa komunikasi di dunia. Terutama bagi setiap orang muslim di dunia.

Setidaknya saat kita membaca Al-Qur’an juga menggunakan bahasa Arab, bahasa Arab juga adalah bahasa yang akan kelak kita gunakan di akhirat.

Jadi, sudah menjadi suatu hal yang wajar untuk kita mempelajari bahasa Arab ini, ya salah satunya adalah kalimat Aamiin ya Robbal aalamiin ini yang merupakan kunci dari segala doa.

Do’a ini menjadi salah satu cara komunikasi kita dengan Allah SWT yang paling baik.

Nah, sekarang kita akan membahas materi ini secara lengkap. Simak penjelasannya di bawah ini!

Kalimat Amin, Aamin, Aaminn, atau Amiin?

Aamiin Ya Robbal Alamiin
uf.cari.com.my

Dalam keseharian kita, terlebih ketika kita melakukan salat berjamaah kita pasti sering mendengar para jamaah mengucapkan kalimat Aamiin. (آمِيْن ).

Namun tahukah kalian bahwa masih ada orang yang berbeda-beda memahami bagaimana sebenarnya kalimat atau kata yang benar dengan lafadz Aamiin (آمِيْن ) tersebut.

Ada yang mengucapkannya pendek saja seperti Amin, ada yang mengucapkan aa nya panjang Aamin, dan bahkan yang ii nya di panjangkan yakni Amiin.

Baca juga ya: Arti Istiqomah

Lalu manakah yang benar sesuai kata dan makna?

Nah bagaimana kita bisa mengetahui mana yang tepat dalam mengucapkan lafadz Aamiin ini maka kita harus mengetahui arti dari masing-masing kata tersebut.

Berikut ini mari kita simak masing-masing lafadz amin yang lazim di masyarakat, dalam bahasa Arab, ada 4 perbedaan lafadz, diantaranya:

  • أَ مِن : Amin artinya: Aman, tentram
  • آ مِن : Aamin artinya: Meminta perlindungan keamanan
  • أَ مِيْن : Amiin artinya: Jujur terpercaya
  • آمِيْن : Aamiin artinya: Ya Allah kabulkanlah do’aku

Nah berdasarkan keterangan tersebut, kita bisa mengetahui bahwa yang benar adalah kata Aamiin آمِيْن (a nya panjang dan i nya panjang) yang artinya “Ya Allah kabulkanlah do’aku.

Penggunaan Kalimat Aamiin atau Aamiin ya Robbal Aalamiin

Arti Aamiin
yuksinau.co.id

kalimat Aamiin atau Aamiin ya Robbal Aalamiin ini sering kali di ucapkan ketika kita solat selesai membaca surah Al-Fatihah, dan ketika kita berdoa sampai selesai berdoa.

Kalimat ini memiliki keutamaan sendiri dan membacanya merupakan sunnah. Oleh karena itu kita sangat dianjurkan untuk membacanya di dalam solat maupun diluar solat.

Ada sebuah hadits yang diriwayatkan oleh sahabat rasulullah yakni Abu Hurairah mengenai mengucapkan Aamiin sebagai berikut:

إذا أمن الإمام فأمنوا فإنه من وافق تأمينه تأمين الملائكة غفر له ما تقدم من ذنبه

Artinya:

“Apabila imam mengucapkan Aamiin, maka ucapkanlah Aamiin. Karena barangsiapa yang ucapan Aamiinnya bersamaan dengan Aamiinnya malaikat, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.”

Para ulama sepakat menyimpulkan bahwa penggunaan Aamiin yang tepat adalah makmum mengucapkan aamiin berbarengan dengan imam mengucapakan aamiin.

Hukum Mengucapkan Aamiin setelah membaca Al Fatihah di Luar Solat?

Bagaimana hukum mengucapkan “Aamiin” atau Aamiin Ya Robbal Alamin setelah selesai membaca Al Fatihah di luar solat? Apakah sebaiknya tetap di ucapkan meski di luar solat?

Perlu kita ketahui bersama bahwa ketika sudah selesai solat dan membaca aamiin atau Aamiin Ya Robbal Alamin setelah Al Fatihah adalah hukumnya sunnah yakni dianjurkan.

Baik imam atau pun makmum, bacaan tersebut hendaknya dibaca keras (Jahr) dalam solat Jahr yakni subuh, magrib dan isya.

Baca juga ya: Arti Jazakallah Khairan

Faedah atau Keutamaan Lafadz آمِيْن Aamin (Ta’min)

Aamiin
klimg.com

Tahukah kalian apa itu lafadz ta’min? Lafadz ta’min Aamiin Ya Robbal Alamin adalah kalimat yang mengandung tujuan sebagai ucapan permohonan atau do’a. Untuk doanya sendiri bisa ketika sendiri, berjamaah atau ketika hanya kita mendengarkan doa dari orang lain saja.

Akan tetapi, lafadz ta’min ini bukan hanya sekedar doa atau permohonan saja, melainkan lafadz ini juga mempunyai faedah dan keutamaan tersendiri. Berikut diantaranya:

  • Menjadi Sebab Terkabulnya doa

Rasulullah SAW bersabda yang inti dari haditsnya yaitu jika kita mengerjakan salat, maka kita harus meluruskan shaf atau barisannya, kemudian ketika imam mengucapkan “Ghairil Maghdhuubi’alaihim Walaadh-dhalin” maka ucapkanlah “Aamiin” niscaya Allah akan mengabulkan.

  • Orang Yahudi Iri dengan Ta’min Kaum Muslim

Rasulullah SAW bersabda yang inti dari hadistnya yaitu sungguh kaum Yahudi sangat dengki terhadap kita orang muslim dalam salam dan ucapan Aamiin.

  • Doa Beserta Malaikat

Rasulullah SAW pernah bersabda yang inti dari hadist nya yaitu: Ketika imam mengucapkan Aamiin, ucapan nya di sertai Aamiin nya para malaikat, maka hendaknya kita ucapkan Aamiin juga.

Baca juga ya: Arti Tawadhu

Bentuk Ucapan Ta’min Aamiin Ya Robbal Alamin

aamiinn
pinimg.com

Lafadz atau ucapan ta’min Aamiin Ya Robbal Alamin ini mempunyai beberapa bentuk, ada yang dibolehkan, dan pula yang dilarang, bahkan ada yang sampai bisa membatalkan solat. Berikut bentuk ucapan ta’min.

  • Yang di Bolehkan

Ucapan ta’min adalah lafads yang berbunyi آمِيْن (aamiin) artinya “Semoga Allah mengabulkan doaku”.

  • Lafadz yang dianggap sama dengan yang lafadz yang diperbolehkan

lafadz yang sama ini yakni lafadz amin (آمِيْن) dengan memanjangkan hamzah ataupun tidak dengan disertai imalah (amien).

  • Lafazh yang bisa membatalkan shalat. 

Lafadz yang bisa membatalkan solat ini yakni lafadz yang mengandung tasydid pada huruf Mim yaitu: Aammin (آمِّيْن) dan memanjang suara hamzah.

  • Lafazh yang disepakati tidak boleh atau dilarang

Lafadz yang dilarang ini yakni lafadz ammin (أَمِّيْن) dengan tidak memanjangkan suara hamzah namun disertai tasydid pada huruf Mimnya.

  • Lafazh yang disepakati bisa membatalkan shalat

Contohnya adalah:

  1. Aammin (آمِّن) dengan memanjangkan bacaan hamzah lalu tasydid pada huruf mim dan menghapus huruf Ya’.
  2. Ammin (أَمِّن) dengan tanpa memanjangkan bacaan hamzah lalu tasydid pada huruf Mim serta menghapus huruf Ya’
  3. Amin (أَمِن) dengan tanpa memanjangkan huruf hamzahnya, tanpa tasydid pada huruf Mim dan menghapus huruf Ya’.

Manfaat Berdoa

aamiinnn
tstatic.net

Ada banyak sekali manfaat dari do’a untuk kita semua, menurut Syekh Kholid Al-Husainan dalam kitab Aktsaru min Alfi Da’wah terdapat 7 keutamaan doa. Berikut diantaranya:

  • Do’a merupakan bentuk seorang hamba yang menunjukan bukti dari ketaatannya kepada Allah Swt.
  • Doa merupakan perantara untuk menolak bencana sebelum terjadi, atau bisa juga menjadi sebab diangkatnya bencana jika sudah terjadi.
  • Hasil atau buah dari do’a telah dijamin oleh Allah SWT.
  • Doa menjadi sebab yang memberikan kita ketegaran dan memperolehnya pertolongan dari Allah Swt.
  • Doa adalah simbol atau tanda atau sebuah dalil atas keimanan dari seseorang yang berdoa.
  • Doa adalah sebuah tanda kepasrahan atau bukti penyerahan diri.
  • Doa bisa menghindarkan kita dari murka Allah SWT.

Penutup

Demikianlah pembahasan kita tentang kalimat Aamiin Ya Robbal Alamin telah kami bahas secara lengkap untuk kalian semua. Semoga bermanfaat,

Jangan lupa bagikan agar lebih bermanfaat lagi. Terima kasih 🙂

ujio Anak pertama dari lima bersaudara

Sholawat Nuril Anwar

ujio
2 min read

Sholawat Syifa

ujio
2 min read

Arti Tawadhu

ujio
5 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *